Sambutan Dekan

Assalamualaikum wr wb

Selamat Datang!

Mempelajari ilmu psikologi adalah hal yang sangat menarik! Sebab ilmu psikologi menawarkan pengetahuan tentang proses-proses mental dan perilaku yang akan membantu seseorang untuk memahami dirinya sendiri, baik kekuatan maupun kelemahannya. Pengetahuan tentang diri sendiri secara mendalam akan membantu dalam berinteraksi dengan orang lain, baik secara interpersonal maupun interaksi antar kelompok sehingga pada tingkat lanjut akan membantu untuk keberhasilan dan kesuksesan hidupnya.

Kami tidak hanya mendorong mahasiswa untuk mempelajari ilmu psikologi secara kognitif yang berbasis buku teks, namun juga melibatkan mahasiswa untuk mempraktikkan dalam kehidupan sehari-hari, dalam bentuk perkuliahan yang menekankan pada praktik laboratorium, magang serta program-program yang menekankan pada dampak (outcome based education).

Beberapa program praktik dalam perkuliahan didukung dengan kelengkapan laboratorium Psikodiagnostik yang lengkap, laboratorium Konseling yang senantiasa melibatkan mahasiswa dalam kegiatan konseling sebaya, Laboratorium Psikologi Industri dan Organisasi yang memiliki program peningkatan kemampuan mahasiswa untuk melakukan pelatihan dan pengembangan individu maupun organisasi, serta laboratorium Psikometri yang memiliki program-progam penyediaan alat ukur psikologi serta melibatkan mahasiswa untuk mengembangkan alat-alat ukur yang sahih dan andal.

Kegiatan Himpunan Mahasiswa Fakultas juga menjadi salah satu sayap dari pengembangan ilmu Psikologi, demikian pula kerjasama alumni serta pelibatan dunia industri, himpunan dan asosiasi psikologi, rumah sakit, konsultan dan klinik psikologi menjadi  tulang punggung pengembangan kurikulum Fakultas Psikologi. Saat ini Fakultas Psikologi Mercubuana mengembangkan kurikulum outcome based education dan kurikulum merdeka belajar kampus merdeka, yang memungkinkan civitas akademika mengambil manfaat dan nilai tambah dari ilmu pengetahuan lain, melewati batas-batas geografis dan disiplin ilmu.

Integrasi antara kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen, dengan mahasiswa juga diharapkan membantu menyiapkan mahasiswa agar memiliki pengalaman dalam menerapkan ilmu pengetahuan yang dimilikinya secara praktis dan berlatih berinteraksi langsung dengan masyarakat serta aktivitas-aktivitas diseminasi ilmu pengetahuan.

Mahasiswa yang lulus setelah menempuh 8 semester di Fakultas Psikologi diharapkan akan menekuni bidang-bidang pekerjaan: Asisten psikolog, Staf manajer SDM, Pelatih/trainer, Konselor/Edukator, Recruiter, Psikopreneur. Psikologi positif yang menekankan pada pertumbuhan pribadi, menguatkan hal positif dan fokus pada pengembangan diri, menjadi dasar dari pengembangan budaya akademik dan interaksi antar civitas akademika di Fakultas Psikologi Mercu Buana. Sehingga diharapkan seluruh civitas akademika merasakan kebahagiaan dan manfaat dari ilmu psikologi yang dipelajari.

“Kami tumbuh, bercahaya dan berguna untuk sesama”

Dr. Setiawati Intan Savitri, M.Si