Visi, Misi dan Tujuan

VISI FAKULTAS PSIKOLOGI

“Menjadi Fakultas Psikologi yang Unggul, Profesional dan Terkemuka di Indonesia dalam tata kelola program studi Psikologi untuk memenuhi kebutuhan Industri, masyarakat luas serta berwawasan Global pada tahun 2024”.

MISI FAKULTAS PSIKOLOGI

  • Menyelenggarakan Program Tridarma (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) berbasis psikologi positif untuk mencapai keunggulan akademik, menghasilkan tenaga profesional dan lulusan yang memenuhi standar kualitas kerja yang disyaratkan.
  • Menerapkan manajemen Pendidikan Tinggi yang efektif dan efisien, dan mengembangkan jaringan kerjasama dengan industri dan kemitraan yang berkelanjutan sebagai respon atas perubahan arus dan daya saing global.
  • Mengembangkan kompetensi dan menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan, etika professional dan nilai-nilai psikologi positif kepada para mahasiswa dan staf yang memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas hidup

Tujuan
Tujuan pendidikan Fakultas Psikologi adalah membekali mahasiswa sehingga dapat
menjadi lulusan berkualitas dengan kualifikasi sebagai berikut :
1. Memahami pengetahuan dasar psikologi dan teknik pengamatan secara objektif, sehingga dapat menginterpretasikan tingkah laku manusia, baik perseorangan maupun kelompok menurut kaidah-kaidah psikologi dengan pendekatan psikologi positif yang menekankan pada kekuatan yang dimiliki individu serta karakter positifnya.
2. Mampu melaksanakan penelitian dan menyusun laporan penelitian psikologi secara ilmiah dan professional dengan tema-tema psikologi positif.
3. Menunjukkan kepekaan yang bertanggung jawab terhadap nilai, proses dan
masalah sosial, budaya, agama, politik dan ekonomi yang berpengaruh pada tingkah laku manusia yang ditekankan pada apresiasi karakter positif serta kekuatan yang dimiliki serta mampu menginterpretasikan tingkah laku tersebut dalam kaitannya dengan kondisi Indonesia.
4. Mengenal, menghayati dan mengamalkan Kode Etik Psikologi yang meliputi kode etik keilmuan dan penelitian rujukan HIMPSI dan APA.

Proses untuk mencapai tujuan, diperlukan suatu perangkat yang bisa mengantarkan Fakultas Psikologi untuk mewujudkan nilai-nilai yang terkandung dalam visi Fakultas Psikologi. Perangkat tersebut adalah kurikulum. Kurikulum dirancang berdasarkan Visi dan Misi serta mempertimbangkan dan mengkaji masukan seluruh stakeholders internal seperti dosen, tenaga kependidikan, dan stakeholders eksternal yakni user’s atau pengguna lulusan, alumni, masyarakat dan pihak-pihak lain yang terkait.